Mrs. Hoeri Guru Finalis OGN 2019 - SMAN 1 Sewon

Artikel

SMAN 1 Sewon

Mrs. Hoeri Guru Finalis OGN 2019

Oleh person Arif Rohmawan   | 25 April 2019 Dibaca : 1103 kali



Mrs. Hoeri Guru Finalis OGN 2019

    Tahun ini menjadi tahun yang membanggakan bagi ibu Hoeri, pasalnya beliau dinobatkan sebagai satu-satunya wakil dari Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dengan mata pelajaran bahasa Inggris untuk mengikuti Olimpiade Guru Nasional (OGN 2019). Beliau menyisihkan 36 guru dari Daerah Istimewa Yogyakarta. Seleksi ini diselenggarakan sesuai dengan standar Kementerian Pendidikan Nasional dan berlangsung cukup ketat. Ada beberapa kompetensi yang diujikan. Disini, Bu Hoeri berhasil menjawab pertanyaan yang diujikan secara online, dengan raihan nilai hampir sempurna. Perempuan kelahiran Cilacap, Jawa Tengah 39 tahun yang lalu ini itu tak bosannya berkreasi mengembangkan diri untuk menuasai materi,  metode serta media pembelajaran.

Guru yang Energik dan Penuh Prestasi
    Menjadi guru yang memiliki banyak prestasi memang tidaklah mudah, membutuhkan perjuangan, kerja keras serta pengorbanan. Pun halnya dengan Mrs. Hoeri sapaan akrab dari anak didiknya. Berbagai penghargaan telah diraih oleh Mrs. Hoeri, diantaranya juara I Lomba Essay Writing Lembaga Indonesia Amerika tingkat Nasional ditahun 2010, Juara III Guru Berprestasi Tingkat Kabupaten Bantul 2014 serta mendapatkan berbagai penghargaan lainya, salah satu diantaranya mendapat penghargaan dari Bupati Bantul ditahun 2014 sebagai juara III Guru Berprestasi tingkat Kabupaten Bantul. Pencapaian ini sekaligus menjadi pembuktian bahwa seorang guru wanita dapat menunjukan kemampuan luar biasa di tengah-tengah kesibukan menjadi seorang pendidik, hal ini sekaligus menjadi motivasi bagi anak didiknya agar turut berprestasi dan tidak menjadikan kesibukan sebagai penghalang untuk berprestasi.

Persiapan Olimpioade Guru Nasional
    Olimpiade Guru Nasional (OGN) merupakan wahana bagi guru SMA/SMK/SMALB untuk menumbuhkembangkan semangat kompetisi akademik dan memotivasi guru SMA/SMK/SMALB dalam rangka peningkatan kompetensi agar mampu meningkatkan mutu pendidikan. Mata pelajaran yang dilombakan dalam Olimpiade Guru Nasional (OGN) pada tahun 2019 adalah Matematika, Bahasa dan Sastra Indonesia, Bahasa Inggris, Fisika, Biologi, Ekonomi, Sosiologi, Bahasa Jepang dan Program Kebutuhan Khusus untuk guru SMA/SMK/SMALB. Mrs. Hoeri menjadi satu-satunya wakil dari Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta yang lolos mengikuti Olimpiade Guru Tingkat Nasional di tahun 2019, dengan kompetensi di mata pelajaran Bahasa Inggris. Dengan total finaslis sebanyak 135 guru dari 35 propinsi yang ada di Indonesia serta  terbagi dalam 9 jenis mata pelajaran. Beliau harus mampu menjadi yang terdepan diantara peserta-peserta tersebut. Grand final sendiri akan dilaksanakan pada tanggal 29 April-3 Mei 2019 di Jakarta. Besar harapan sebagai satu-satunya peserta dari provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dapat menuai hasil yang membanggakan.