Rabu Bersih di Kelas XII MIA 4 - SMAN 1 Sewon

Artikel

SMAN 1 Sewon

Rabu Bersih di Kelas XII MIA 4

Oleh person Admin SMAN 1 Sewon   | 08 November 2018 Dibaca : 228 kali



Rabu Bersih di Kelas XII MIA 4

 

            Adiwiyata mempunyai pengertian sebagai upaya membangun program atau wadah yang baik dan ideal untuk mendapatkan ilmu pengetahuan dan berbagai norma serta etika yang dapat menjadi dasar manusia menuju terciptanya kesejahteraan hidup untuk cita-cita pembangunan berkelanjutan. Adiwiyata merupakan nama program pendidikan lingkungan hidup.

            SMA N 1 Sewon sudah menerapkan program adiwiyata lebih dari 1 tahun terakhir. Salah satu programnya adalah Rabu Bersih. Menurut Bapak Drs. Agus Supawa selaku koor adiwiyata SMA N 1 Sewon, Rabu Bersih adalah kegiatan adiwiyata yang dilakukan seminggu sekali pada hari Rabu yang dilakukan oleh seluruh warga SMA N 1 Sewon dan memiliki tujuan untuk membuat sekolah lebih bersih dan tidak ada sampah disana-sini agar nantinya kegiatan belajar mengajar menjadi nyaman dikarenakan tidak adanya sampah.

Adapun pengertian program Rabu Bersih menurut. Ibu Siwi Hidayah M.pd yaitu program adiwiyata dalam rangka menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat yang dilaksanakan seluruh warga SMA N 1 Sewon. Dapat disimpulkan bahwa Rabu Bersih adalah salah satu program Adiwiyata yang bertujuan untuk membersihkan lingkungan sekolah, dilakukan setiap hari Rabu oleh seluruh warga sekolah.

            Salah satu kelas yang melakukan kegiatan Rabu Bersih adalah XII MIA 4. Menurut Ibu Siwi Hidayah, M.pd selaku guru pembimbing program Rabu Bersih di kelas XII MIA 4, ketika Rabu Bersih ada yang semangat melakukan kegiatan bersih-bersih tetapi ada juga yang kurang semangat. Tapi jika dilihat dari segi kebersihan, XII MIA 4 sudah lumayan bersih.

            Jika dilihat dari sudut pandang para siswa kelas XII MIA 4 dapat dilihat dari hasil wawancara. Menurut Hanif Fawaz Mahasin, berkat kegiatan Rabu Bersih ini, ruang kelas dan taman terlihat lebih bersih dan rapi. Jika menurut Nugraha Wijaya, kegiatan Rabu Bersih itu sangat penting karena memang harus ada pembersihan kelas seminggu sekali selain kegiatan piket, dan untuk kelas XII MIA 4 kegiatan Rabu Bersih sudah bagus dan juga bersih. Dari sudut pandang lain yaitu menurut Anida Aushafira, karena ada kegiatan ini, bagian dalam kelas terlihat bersih dan barang-barang yang ada di kelas terlihat rapi, pun begitu bagian luar kelas yang terlihat lebih tertata.

            Kegiatan Rabu Bersih ini memiliki dampak positif yang nyata. Terutama untuk kelas XII MIA 4, berkat kegiatan ini bagian kelas baik dalam maupun luar jadi terlihat bersih, karena jika hanya kegiatan bersih-bersih dilakukan sebulan sekali atau hanya kegiatan piket harian, dapat dipastikan bahwa ruang kelas XII MIA 4 dan sekitarnya banyak sampah yang menumpuk, karena memang kurang efektif. Berkat kegiatan Rabu Bersih ini masalah sampah dan kebersihan lingkungan dapat teratasi.

            Disaat kegiatan Rabu Bersih, seharusnya semua murid ikut serta dalam kegiatan, agar hasilnya lebih maksimal dan lebih efektif. Oleh karen itu, perlu kesadaran dari setiap siswa agar mau melakukan kegiatan Rabu Bersih. Adapun guru pengawas harus lebih tegas dalam mengingatkan dan terus memantau kegiatan bersih-bersih, turun tangan langsung untuk itu membersihkan sekolahan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Daftar Putaka:

Setyowati, Raden Ajeng. 2011. Pengertian Adiwiyata. wordpress.com: https://ajengraden.wordpress.com/adiwiyata/pengertian-adiwiyata/

 



[1] Raden Ajeng Setyowati, “Pengertian Adiwiyata”, https://ajengraden.wordpress.com/adiwiyata/pengertian-adiwiyata/

[2]Wawancara Bapak Drs. Agus Supowo, Koor Adiwiyata SMA Negeri 1 Sewon, pada tanggal 5 November 2018 pukul 12.15 di SMA N 1 Sewon.

[3]Wawancara Ibu Siwi Hidayah ,M.pd, Guru Pembimbing XII MIA 4 SMA Negeri 1 Sewon, pada tanggal 31 Oktober 2018 pukul 07.24 di SMA N 1 Sewon.

[4] Ibid., pada tanggal 31 Oktober pukul 07.24 di SMA N 1 Sewon.

[5] Wawancara Hanif Fawaz Mahasin, XII MIA 4 SMA Negeri 1 Sewon, pada tanggal 25 Oktober pukul 13.24 di SMA N 1 Sewon.

[6] Wawancara dengan Nugraha Wijaya, XII MIA 4 SMA Negeri 1 Sewon, pada tanggal 25 Oktober pukul 13.24 di SMA N 1 Sewon.

[7] Wawancara dengan Anida Aushafira, , XII MIA 4 SMA Negeri 1 Sewon, pada tanggal 25 Oktober pukul 13.24 di SMA N 1 Sewon.