SEMINAR “Cara Cerdas Hindari Plagiarisme” oleh Bp. Edi S. Mulyanta S.Si. M.T. - SMAN 1 Sewon

Berita

SMAN 1 Sewon

SEMINAR “Cara Cerdas Hindari Plagiarisme” oleh Bp. Edi S. Mulyanta S.Si. M.T.

Oleh person Tim Perpustakaan   | 15 Agustus 2023 Dibaca : 757 kali



SEMINAR “Cara Cerdas Hindari Plagiarisme” oleh Bp. Edi S. Mulyanta S.Si. M.T.

Sewon - Penulisan artikel tidak terlepas dari permasalahan plagiarisme. Plagiarisme merupakan tindakan mengambil pendapat, tulisan, karangan, dan sebagainya dari orang lain secara penuh ataupun sebagian dan menjadikannya seolah sebagai karangan dan pendapat pribadi. Tindakan plagiarisme tersebut ddapat dianggap sebagai tindakan pidana karena sama dengan mencuri hak cipta yang dimiliki orang lain. Terlebih pada saat ini terdapat berbagai tindakan plagiarisme yang dilakukan baik secara sengaja maupun tidak sengaja terutama dalam penulisan karya tulis. Untuk mencegah tindakan plagiarisme tersebut, Perpustakaan Wijaya Bhakti SMAN 1 Sewon menyelenggarakan webinar dengan judul “Cara Cerdas Hindari Plagiarisme”.

Kegiatan seminar yang diselenggarakan oleh Perpustakaan Wijaya Bhakti SMAN 1 Sewon dengan judul “Cara Cerdas Hindari Plagiarisme” ini dilaksanakan pada tanggal 15 Agustus 2023 dan bertempat di ruang meeting SMAN 1 Sewon dengan dihadiri oleh guru dan siswa SMP di Kabupaten Bantul serta siswa SMAN 1 Sewon. Kegiatan seminar ini dimoderatori oleh Siti Nuryani, mahasiswa Universitas PGRI Yogyakarta prodi Bahasa Indonesia. Narasumber pada Seminar ini yaitu Edi S. Mulyanta, S.Si, M.T. yang merupakan Publishing Consultant Andi Publisher. Bapak Edi memaparkan definisi dan contoh dari tindakan plagiarisme serta kiat-kiat untuk mengindari plagiarisme.

Menurut Bapak Edi, plagiarisme merupakan tindakan menjiplak atau mengambil karangan, pendapat, dan sebaginya dari orang lain dan menjadikannya seolah karangan dan pendapat sendiri. Adapun kiat-kiat untuk menghindari plagiarisme adalah sebagai berikut:
- Membuat kutipan langsung, yaitu dengan cara menyalin kalimat, frase, atau salah satu bagian dari teks secara langsung dengan kata-kata yang sama persis disertai dengan tanda petik.
- Membuat Parafrase Teks, yaitu menuliskan kembali bagian dari teks dari sumber yang akan kita masukan dalam karya tulis kita, namun ditulis dengan kata-kata sendiri, selanjutnya cantumkan nama pengarang/pemilik ide yang kita gunakan.

Penyelenggaraan seminar “Cara Cerdas Menghindari Plagiarisme” ini diharapkan dapat memberikan dan meningkatkan pemahaman serta mencegah tindakan plagiarisme siswa sekolah dalam penulisan suatu karya tulis, baik karya tulis ilmiah maupun karya tulis non-ilmiah.