Lomba Menulis Cerpen Tingkat SMP se-Kabupaten Bantul dalam Rangka Lustrum SMAN 1 Sewon yang ke-8 - SMAN 1 Sewon

Berita

SMAN 1 Sewon

Lomba Menulis Cerpen Tingkat SMP se-Kabupaten Bantul dalam Rangka Lustrum SMAN 1 Sewon yang ke-8

Oleh person Tim Perpustakaan   | 17 Juli 2023 Dibaca : 254 kali



Lomba Menulis Cerpen Tingkat SMP se-Kabupaten Bantul dalam Rangka Lustrum SMAN 1 Sewon yang ke-8

Sewon - Proses pendidikan tidak hanya dilakukan secara formal di lingkungan pendidikan, tetapi juga dapat dilakukan melalui proses pendidikan non-formal seperti mengikuti kegiatan positif contoh mengikuti lomba-lomba atau ajang pencarian bakat.Berbicara mengenai bahasa Indonesia, umumnya kita tertuju langsung pada sastra Indonesia karena sastra Indonesia juga sebagai pembentuk karakter dan jati diri bangsa Indoensia sehingga mempunyai nilai-nilai luhur budaya yang dapat meningkatkan keanekaragaman dan budaya. Di dunia sastra terdapat beberapa model karya sastra yang salah satunya adalah puisi dan prosa fiksi.

Dalam keterampilan menulis, siswa dituntut untuk bisa menulis yang baik sebagai bentuk pengaplikasian dari keterampilan menulis apabila setelah tamat dari pendidikan. Contoh dari keterampilan menulis yang harus dikuasi oleh siswa adalah menulis atau meciptakan cerpen dan puisi. Oleh karena itu, Perpustakaan Wijaya Bhakti SMAN 1 Sewon mengadakan lomba menulis cerpen untuk tingkat SMP dalam lingkup Kabupaten Bantul. Kegiatan diselenggarakan dalam rangka Lustrum SMAN 1 Sewon yang ke-8.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam kurun waktu 3 minggu yang dimulai pada 5 Juni 2023 sampai dengan 24 Juni 2023 sebagai batas waktu pengumpulan naskah cerpen. Kemudian, pengumuman pemenang dilaksanakan pada tanggal 17 Juli 2023.
Lomba menulis cerpen tingkat SMP se-Kabupaten Bantul yang diselenggarakan Perpustakaan Wijaya Bhakti SMAN 1 Sewon diikuti oleh 57 siswa dari berbagai Sekolah Menengah Pertama (SMP) di lingkup Kabupaten Bantul. Tim penilai cerpen dalam lomba ini terdiri dari dua orang juri, yaitu Bapak Nurhadi dari Balai Bahasa Provinsi D.I. Yogyakarta dan Ibu Dyna Novitasari dari Andi Publisher.

Setelah melalui proses penilaian, terpilih 6 pemenang yang berhak untuk mendapatkan apresiasi. Berikut ini 6 pemenang terpilih berdasarkan penilaian juri:

Juara I : Jessica Vika Mayana (Pesawat Kertas Buatan Ayah)
Juara II : Kinanthi Ranu Daneswari (Terima Kasih, Ini Kenangan yang Indah)
Juara III : Zanuba Shafa Raisya (Jogja dan Senja)
Harapan I : Almayra Kirania Ervansyah (Kata yang tak Tersampaikan)
Harapan II : Nashila Shafa Luthfiana (Pengagum Rahasia)
Harapan III :Intan Dwi Pratiwi (Amerta)

Sebagai bentuk apresiasi terhadap pemenang, Perpustakaan Wijaya Bhakti mengundang pemenang Juara I sampai dengan Harapan III untuk berkunjung ke SMAN 1 Sewon dan Perpustakaan Wijaya Bhakti serta .penyerahan piagam penghargaan kepada para pemenang.

Selain para pemenang yang mendapatkan apresiasi berupa piagam penghargaan, terdapat total 49 karya yang lolos kurasi untuk diterbitkan dalam buku antologi cerpen dengan judul “Asa di Mayapada”.