SMAN 1 Sewon Menjadi Pionir Sekolah Kewirausahaan di Kabupaten Bantul - SMAN 1 Sewon

Berita

SMAN 1 Sewon

SMAN 1 Sewon Menjadi Pionir Sekolah Kewirausahaan di Kabupaten Bantul

Oleh person Arif Rohmawan   | 18 Juli 2019 Dibaca : 566 kali



SMAN 1 Sewon Menjadi Pionir Sekolah Kewirausahaan di Kabupaten Bantul

        SMA Negeri 1 Sewon ditunjuk Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI sebagai Sekolah Kewirausahaan. Penunjukan ini, karena SMAN 1 Sewon dinilai layak dan dapat mengembangkan potensi yang ada di lingkungan sekolah, sesuai kebutuhan dan peluang usaha ke depan. Kepala SMA Negeri 1 Sewon Bapak Sumarno, S.Pd.M.Pd. menyebutkan, pihaknya belum lama ini mengajukan proposal bantuan ke Kemendikbud dan diterima. Beliau kemudian dipanggil ke pusat untuk mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) dan sosialisasi sebagai sekolah yang ditunjuk sebagai Sekolah Kewirausahaan. 
         Dalam acara pembukaan dan sosialisasi sekolah kewirausahaan SMA Negeri 1 Sewon yang dilaksanakan di GOR SMAN 1 Sewon (Kamis, 18/07/2019), dihadiri serta dibuka secara simbolis oleh kepala Balai Dikmen Kabupaten Bantul, Bapak Drs. Suhirman, M.Pd. "Sebagai pionir sekolah kewirausahaan, besar harapan SMA Negeri 1 Sewon dapat menjadi sekolah percontohan dalam bidang kewirausahaan. Selain menjadi satu-satunya sekolah kewirausahaan di Kabupaten Bantul SMA Negeri 1 Sewon memiliki banyak potensi-potensi yang dapat digali, untuk menumbuhkan semangat entrepreneurship kepada guru,karyawan pada umumnya serta siswa pada khususnya", Ungkap beliau pada pembukaan acara tersebut.
         Sementara itu pada kesempatan yang sama Kepala Sekolah SMAN 1 Sewon  Bapak Sumarno, S.Pd. M.Pd. menyampaikan, "tahun ini ada sekitar 100 sekolah se-Indonesia yang menjadi percontohan sekolah kewirausahaan, dan SMAN 1 Sewon salah satunya bahkan menjadi satu-satunya sekolah kewirausahaan di Kabupaten Bantul". 
Sekolah kewirausahaan, menurutnya adalah sekolah yang memberikan peluang siswa dan guru mengembangkan potensi berwirausaha sesuai minat bakat. Apalagi sekolah bukan hanya mengembangkan potensi akademik juga mengembangkan potensi lainnya untuk lebih baik dan terus berkembang.  
         “Menghadapi tantangan zaman dan kebutuhan pasar, atau lebih dikenal entrepreneurship banyak dilakukan, salah satunya dengan mengembangkan kewirausahaan,” ungkap Bapak Budi Setyono, A.Md, Selaku koordinator pelaksana program sekolah kewirausahaan sekaligus pembimbing kewirausahaan di SMAN 1 Sewon. Untuk menjawab tantangan sebagai sekolah kewirausahaan, pihaknya mengambil potensi dibeberapa bidang terutama dalam riset serta teknologi yang dapat dipasarkan serta memudahkan kehidupan manusia, salah satunya adalah robotik, tambah beliau yang diamini oleh Ibu Rr. Esthi Wikan Nastri, S.Pd. selaku ketua program sekolah kewirausahaan SMAN 1 Sewon.