Melaju Ke Final SMAN 1 Sewon Raih Juara II LCC Kab. Bantul - SMAN 1 Sewon

Berita

SMAN 1 Sewon

Melaju Ke Final SMAN 1 Sewon Raih Juara II LCC Kab. Bantul

Oleh person Arif Rohmawan (Admin Web)   | 03 Mei 2019 Dibaca : 496 kali



Melaju Ke Final SMAN 1 Sewon Raih Juara II LCC Kab. Bantul

           Perhelatan Lomba Cerdas Cermat (LCC) Bahasa Jawa Tingkat SMA/MA Se-Kabupaten Bantul dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), diadakan pada hari hari ini Kamis (02/05/19). Kegiatan yang dipusatkan di GOR SMAN 1 Sewon tersebut bertujuan untuk, menumbuhkan semangat siswa dalam belajar sekaligus melestarikan bahasa serta budaya Jawa yang mulai ditinggalkan dizaman modern seperti saat ini. Keberhasilan SMAN 1 Sewon meraih prestasi juara II dalam LCC Bahasa Jawa kali ini, sebenarnya tidak diprediksi sebelumnya meskipun telah mempersiapkan diri dengan baik. SMAN 1 Sewon mengirimkan 1 tim yang diwakili oleh, Khoirunisa Nurlaila Fatmawati kelas XI, Redyta Dwi Cahyani kelas XI serta Yuniardila Damaringtyas kelas X.
        "Boten kanyana-nyana menawi SMAN 1 Sewon pikantuk juwara II, bab saking SMA/MA sanes sampun nyamaptakaken dhiri, tetandhingan wonten final langkung awrat. Lajeng LCC menika mbetahaken seserepan babagan Basa, Kasusastran kaliyan kabudayan Jawa. Alhamdulillah sinaosa awrat saged pikantuk juwara II. Estunipun kalawingi pun angkah mlebet final kemawon sampun remen", (Terjemah: Sama sekali tidak menyangka kalau SMAN 1 Sewon akhirnya meraih Juara II mengingat lawan-lawan dari SMA/MA yang dihadapi di Final cukup berat dan sudah mempersiapkan dhiri. Dalam LCC ini membutuhkan pengetahuan berkaitan dengan Ilmu Bahasa, Sastra serta Kebudayaan Jawa. Alhamdulillah walaupun berat mendapat juara II. Sebenarnya target kita masuk final itupun sudah membanggakan), ujar Redyta salah satu peserta LCC yang mewakili SMAN 1 Sewon.
         Tim LCC SMAN 1 SMAN 1 Sewon ini mendapatkan nilai 1400 setelah berhasil menjawab pertanyaan difinal. Terpaut angka cukup jauh dari juara I yaitu SMAN 2 Bantul, yang meraih angka 2050. Pun begitu sebuah capaian yang luar biasa karena tim dari SMA/MA lainya mempersiapkannya dengan sangat baik, sedangkan di SMAN 1 Sewon persiapan cukup mendesak karena beberapa minggu ini SMAN 1 Sewon banyak menyelenggarakan event. Salahsatu diantaranya peniliaian calon sekolah adiwiyata tingkat Provinsi D.I. Yogyakarta yang melibatkan seluruh siswa, guru serta karyawan SMAN 1 Sewon. Dengan raihan prestasi ini dapat membuka jalan agar lebih meningkatkan diri dalam penguasaan materi menghadapi LCC bahasa Jawa berikutnya, sehingga kesempatan untuk lolos ke tingkat Provinsi D.I. Yogyakarta akan terus terbuka.