Sayur Buah di SMAN 1 Sewon - SMAN 1 Sewon

Artikel

SMAN 1 Sewon

Sayur Buah di SMAN 1 Sewon

Oleh person Dra. Endang Herpriyanti   | 21 September 2018 Dibaca : 689 kali



Sayur Buah  di SMAN 1 Sewon











SAYUR BUAH







            Guuuuuuuuuung, genderang adiwiyata telah ditabuh di SMAN 1 Sewon,Bantul. Ditandai dengan  munculnya SK Kepala Sekolah Nomor: 009/ 487 /2017. Gema itu terdengar oleh seluruh warga SMAN 1 Sewon dan sekitarnya serta Balai Pendidikan Menengah.

            Surat keputusan itu juga dibarengi dengan surat tugas yang berisi 4  komponen dan  14 devisi. Dalam surat tugas tersebut diuraiakan job masing-masing komponen dan devisi.

            Kegiatan itu ada yang dinamakan dengan Citiling Day(Hari cita bakti lingkungan). Kegiatan itu dilaksanakan setiap tanggal satu dan dimulai dari jam pertama hingga jam ketiga. Hari itu semua anggota devisi baik siswa, karyawan, dan guru bahu membahu mengerjakan job devisi. Hari itupun semua warga sekolah SMAN 1 Sewon berpakaian olah raga hingga akhir jam pembelajaran. Selain itu ada yang dinamakan ‘Rabu Bersih’ dilaksanakan setiap hari Rabu, selama 30 menit, dari pukul 07.00 – 07.30. Area yang dibersihkan adalah lingkungan kelas masing-masih dibawah pengawasan guru yang mengajar pada jam pertama di kelas itu.

            Setiap devisi mempunya program kerja. Seperti devisi sayur dan buah yang dimotori oleh kelas XII IPA2 dan X IPS1 dibawah koordinator wali kelas, Dra,  Eka Titin Aryani dan  Agus Taruki,S.Pd. Program itu dimulai dengan membersihakan lahan, mencari bibit sayuran dan buah, penanaman bibit, hingga pemeliharaan tanaman itu.

            Lokasi devisi buah dan sayur ada 2 tempat, bagian Selatan Timur dan Selatan Barat gedung SMAN 1 Sewon.Bagian Selatan Timur yang bertanggung jawab kelas XII IPA1 dan bagian Selatan Barat yang bertanggung jawab kelas X IPS1.

            Kamis, ’20 September 2018 panen sayur yang kedua. Panen sayur yang pertama sekitar bulan Februari 2018. Sayangnya tidak terdokumentasikan. Sedangkan yang penen sekarang ini adalah selada, bayam, timun, dan terong. Hasilnya dijual ke ibu dan bapak ibu guru, serta karyawan tata usaha. Dananya dimasukkan ke kas yang dikelola oleh siswa.

            Begitupun devisi-devisi yang lainnya. Semua mempunyai program masing-masing dan cara kerja sendiri berdasarkan hasil rembuk anggota devisi itu  untuk mencapai tujuan terbentuknya sekolah yang berwawasan adiwiyata.

            Semoga itu dilakukan tidak  hanya untuk menghadapi penilaian saja, tetapi menjadi kebiasaan dan gaya bersekolah di SMAN 1 Sewon.Selain menuntut ilmu pengetahuan,agama, juga mencintai, menyayangi lingkungan sekolah agar tetap bersih, rindang, nyaman, nyaman, dan indah sehingga semua warga SMAN 1 Sewon betah untuk beraktifitas di sekolah.