Memperingati Peristiwa Isra Miraj - SMAN 1 Sewon

Berita

SMAN 1 Sewon

Memperingati Peristiwa Isra Miraj

Oleh person Admin Web SMAN 1 Sewon   | 08 April 2019 Dibaca : 1137 kali



Memperingati Peristiwa Isra Miraj

       Dalam rangka meningkatkan dan mengamalkan visi SMA N 1 Sewon yaitu Relegius. SMAN 1 Sewon mengadakan Peringatan Hari Besar Islam Dalam rangka Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Jumat, 5 April 2019 mulai pukul 07.15 WIB - selesai di GOR SMAN 1 Sewon.
Pra acara  dimulai jam 07.15 WIB dengan hiburan Hadroh dan nasyid Smase. Setelah penampilan Tim hadroh dilanjutkan ke acara berikutnya Yaitu pembukaan, pembacaan ayat suci Al Quran, Sambutan ketua panitia, sambutan kepala sekolah, dan acara inti dari dai Ustad Ari Wibowo.
Menurut kepala SMAN 1 Sewon, Bapak Sumarno, S.Pd. M.Pd, "Harapan dari kegiatan ini, beliau menyampaikan agar anak-anak bisa melaksanakan sholat dengan baik, menyegerakkan sholat apabila ada panggilan adzan. Mari bersama-sama belajar  dari peristiwa isra mi’raj ini, kami mencoba menambahkan ibrah dari literatur yang lain. Secara istilah isra mi'raj merupakan peristiwa maha dahsyat yang dialami Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam. Sebelumnya, tak ada satu pun manusia yang mengalaminya. Menempuh perjalanan superkilat lalu naik ke langit hingga sidratul muntaha. Banyak peristiwa yang dialami Rasulullah sewaktu isra miraj sejak pemberangkatan hingga kembali." 
       Pernyataan senada ditegaskan oleh Ustad Ari Wibowo dalam ceramahnya bahwa, "Isra' Mi'raj merupakan salah satu peristiwa yang memerintahkan umat Islam untuk melaksanakan sholat 5 waktu. Bacaan dalam sholat mulai dari takbiratul ihram hingga selesai adalah do'a. Seperti dalam surah Al-Fatihah pada ayat "ihdinassyirotol mustaqiim" yang memiliki makna "tunjukilah kami jalan yang lurus". Seorang muslim mulai bertanggungjawab terhadap sholat dan amalan ibadah lainnya ketika ia telah mengalami masa pubertas. Salah satu pesan sahabat nabi, Umar : "siapa yang lalai dalam sholat pasti lebih lalai terhadap urusan yang lain." Beliau juga menambahkan, "Sholat sendiri memiliki manfaat di bidang medis, seperti : gerakan takbiratul ihram yang dapat menguatkan otot lengan dan melancarkan aliran darah, gerakan ruku' yang dapat mengembalikan fungsi tulang belakang, gerakan i'tidal yang dapat melancarkan pencernaan, dan masih banyak manfaat dari gerakan sholat lainnya", Ustadz Ari Wibowo.